Senin, 12 Desember 2016

Pria Ini Bangun Komputer Super Rp 700 Juta Cuma Buat Main Tetris



Liputan6.com, New York - Bagi seseorang yang senang berkutat dengan komputer, bukan hal yang aneh apabila mereka rela menghabiskan waktunya demi mengutak-atik alat elektronik tersebut. Tapi apa jadinya apabila bukan hanya waktu yang tergerus, tetapi juga uang dalam jumlah banyak.


Seorang pria di Amerika Serikat (AS) melakukan hal tersebut. Akibat hobinya merangkai komputer, ia rela merogoh kocek hingga US$ 53 ribu atau Rp 713 juta (estimasi kurs 13.462 per dolar AS). Bukan sembarang komputer, pria bernama James Newman ini membangun sebuah komputer super.

Dilansir dari odditycentral.com, Minggu (4/12/2016), komputer super tersebut membutuhkan waktu lima tahun dalam pembuatannya. Namun walau telah mengeluarkan uang dalam jumlah sangat banyak, Newman hanya menggunakan komputer super tersebut untuk bermain gim tetris.

Ternyata, niat utama Newman bukanlah untuk membuat komputer yang bisa mengalahkan komputer yang sudah ada. Komputer super yang dibuat Newman merupakan bentuk microprocessor yang dirancang dalam bentuk besar. Newman ingin memperlihatkan bagaimana sebenarnya sebuah mesin komputer bisa berjalan.

"Komputer yang ada di pasaran cukup misterius. Kita tidak bisa melihat bagaimana cara kerja mereka. Yang saya lakukan ini adalah untuk memberikan gambaran jelas tentang apa yang terjadi di dalam badan komputer," tutur Newman.

Komputer super yang dibuat Newman menghabiskan satu ruangan penuh kamar. Ia bahkan harus mengeluarkan kursi dan tempat tidurnya agar komputer super yang dibuatnya bisa mendapat ruangan yang cukup.

"Saya menghabiskan tiga jam setiap malam untuk membuat komputer ini. Saya tidak menyangka akan menghabiskan uang segitu banyak pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu sama menjadi semakin ambisius," jelasnya.

Komputer super yang dibuat Newman dibuat dengan 40 ribu transistor dan 10 ribu lampu LED seberat hampir setengah ton. Newman mampu memasukkan program dalam komputer buatannya, namun sejauh ini ia hanya menggunakannya untuk bermain tetris.

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2667934/pria-ini-bangun-komputer-super-rp-700-juta-cuma-buat-main-tetris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar