Sabtu, 10 Desember 2016

Tepati Janji, YouTuber Terkaya Tutup Kanal


KOMPAS.com - Felix Kjellberg alias PewDiePie membuktikan janji. Sang YouTuber terkaya itu akhirnya menghapus kanal miliknya di YouTube setelah mendapatkan 50 juta subscriber.
Informasi penghapusan akun miliknya di YouTube tersebut diumumkan langsung oleh PewDiePie dalam sebuah video.
Meski begitu, para penggemar PewDiePie bisa bernafas lega dan mulai tertawa. Pria asal Swedia ini ternyata mengaku hanya bercanda.
PewDiePie memang benar-benar menghapus channel miliknya. Meski begitu, bukan kanal utama, Pewdiepie, yang dihapus secara permanen.
Dia menghapus kanal kedua miliknya, Jack septiceye2, yang baru saja dibikin pada Oktober lalu. Sebelum dihapus, akun tersebut sudah memiliki 1 juta subscriber.  
"Anda tahu saat sedang membuat lelucon, dan itu 'meledak' lebih besar dari yang dibayangkan? Itu dia, itulah leluconnya," kata Kjellberg.
Aksi yang dilakukannya ini sebenarnya sudah banyak diprediksi. Banyak yang berpikir, PewDiePie tidak mungkin menghapus kanal. Pasalnya, dengan subscriber yang mencapai 50 juta akun, tentunya kanal tersebut merupakan sumber pendapatan utama Kjellberg.
"Saya yakin. Siapa yang mau menghapus kerja keras dalam beberapa tahun belakangan, karena hanya ini," komentar penggemar PewDiePie, Wolfiy Edits, di YouTube, sebagaimana KompasTekno kutip dari Kotaku, Sabtu (10/12/2016).
Akan tetapi, masih banyak orang, terutama penggemar PewDiePie, yang sempat percaya atas "ancaman" penghapusan itu.
"Saya mendapat mimpi buruk tentang ini tadi malam dan hampir menangis saat terbangun," tutur pengguna YouTube lainnya.
Sebelumnya, PewDiePie memang berjanji untuk menghapus kanal miliknya saat jumlah subscriber telah mencapai 50 juta. Setelah janjinya itu, jumlah pelanggan kanalnya memang meningkat tajam, dari 49,6 juta ke 50 juta dalam hitungan 3 hari.
Dia menuduh YouTube telah sengaja mengubah mekanisme suggestionsehingga tidak menampilkan video-video lain yang dibikinnya ke hadapan subscriber. Itulah mengapa, dia mau menghapus kanal tersebut.
Menurut Forbes, PewDiePie merupakan YouTuber terkaya dengan penghasilan mencapai 15 juta dollar AS dalam setahun ini.
PewDiePie sendiri mengakhiri video miliknya dengan janji baru, menghapus kanal "Pewdiepie" apabila subscriber menyentuh angka 100 juta akun. Apabila tercapai, akankah ia benar-benar menghapus akun utamanya?
Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2016/12/10/11123027/tepati.janji.youtuber.terkaya.tutup.kanal